Mesin turbofan
Mesin turbofan ada tipe mesin jet pesawat terbang yang mirip dengan mesin turbojet. Mesin ini umumnya terdiri dari sebuah kipas internal dengan sebuah turbojet kecil yang terpasang dibelakangnya untuk menggerakkan kipas tersebut. Aliran udara
yang masuk melalui kipas ini melewati turbojet, dimana sebagian kecil
udara itu dibakar untuk menghidupi kipas, dan sisa udara digunakan untuk
menghasilkan dorongan.
Semua mesin jet yang digunakan untuk pesawat jet komersial
masa kini adalah mesin turbofan. Mesin ini lebih banyak digunakan
karena sangat efesien dan relatif menghasilkan suara yang lebih kecil.
Turbofan merupakan salah satu jenis dari jet engine. Kita tahu jet
engine terbagi atas 3 jenis : turbojet,turboprop dan turbofan.
Keistimewaan dari turbofan adalah jenis ini merupakan penyempurnaan dari
turbojet dan turboprop. Kelemahan dari turbojet adalah boros bahan
bakar,walau dalam soal tenaga lebih besar dibandingkan dengan jenis
lain. Karena itu jenis ini cocok untuk dipakai pada pesawat tempur.
Untuk turboprop,jenis ini mempunyai kelemahan yaitu tidak mampu
mensupport high speed dan high altitude,hanya mencapai 25.000feet saja.
Dan turbofan ini lah yang bisa menjawab semua requirment dari airlines
yaitu: irit bahan bakar,mempunyai tenaga dorong yang besar.
Prinsip kerja turbofan adalah airflow(udara) masuk kedalam blade (low
pressure compresor) atau kita sebut LPC dan dikompres kembali oleh
blade yang lebih kecil ukurannya (high pressure compresor) atau kita
sebut HPC,masuk ke ruang pembakaran (combustion chamber) dan diberi
ignition sampai suhu atau temperatur tinggi baru lah disemprot oleh
fuel. Karena terjadi pembakaran maka berubahlah energi kimia menjadi
energi dorong. Energi dorong yang dihasilkan ini mendorong high pressure
turbin (HPT) yang terhubung langsung dengan HPC sehingga HPC dapat
berputar kembali. Energi dorong tersebut juga mendorong low pressure
turbin (LPT) yang terhubung langsung dengan LPC. Dan sisa nya merupakan
tenaga dorong pesawat. Jadi prinsip kerja turbofan dapat disederhanakan
sebagai berikut :
Berbeda dengan motor bakar yang mempunyai 4step (langkah) atau 2step
(langkah) pembakaran. Turbofan melakukan beberapa step TAPI dalam 1
WAKTU. Dan perbedaan dengan motor bakar adalah jika dalam motor bakar
ruang pembakaran (combustion chamber) sudah di isi oleh campuran (mix)
air dan fuel BARU diberi ignition (pengapian) sehingga terjadi
pembakaran. Kalau di Turbofan ini,combustion chamber hanya di isi udara
bertekanan tinggi saja. Karena tekanan tinggi maka temperatur tinggi dan
diberi ignition,BARU di semprotkan fuel sehingga terjadi pembakaran.
Untuk gaya dorong (thrust) pesawat yang dihasilkan oleh
pembakaran,sebenarnya hanya 15%-25% saja. Gaya dorong pesawat yang
terbesar justru pada KIPAS (blade) atau LPC sebesar 75-85% yang digerak
oleh LPT (seperti dijelaskan diatas). Karena itu Fan/blade/LPT dibungkus
oleh casting,sehingga aliran udara (airflow) lebih terpusat mengalir
kebelakang. Itulah alasan mengapa Turbofan lebih hemat bahan bakar
dibanding dengan jenis lainnya. Dan pada saat engine berada kondisi HIGH
SPEED,turbofan HANYA membutuhkan sedikit penambahan throttle untuk
dapat menghasilkan thrust yang besar.
Mesin Turbofan adalah mesin yang umum dari turunan mesin-mesin turbin
gas untuk menggerakkan pesawat terbang baik komersial maupun pesawat
tempur. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin by-pass dimana sebagian
dari udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang pembakaran, sementara
sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling bagian luar ruang
pembakaran. Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu
ruang pembakaran.
Udara yang di by-pass ini ada yang dicampur dengan udara panas
pembakaran pada turbin bagian belakang seperti pada mesin Rolls-Royce
Spey yang digunakan pada pesawat Fokker F-28. Ada pula yang disalurkan
dengan pipa-pipa halus ke atmosfer. Mesin yang menggunakan type ini
contohnya adalah mesin RB211 yang digunakan pada pesawat Boeing B 747
dan GE CF6-80C2 yang digunakan pada pesawat DC-10 serta P &W JT 9D.
Beberapa mesin yang menggunakan jenis mesin turbofan adalah
Rolls-Royce Tay pada pesawat Fokker F-100 (yang dijuluki mesin fanjet),
mesin Adour Mk871 yang digunakan pada pesawat tempur type Hawk Mk 100
dan Hawk Mk 200, pesawat tempur Jaguar dan Mitsubishi F-1 yang digunakan
AU Jepang.
Kemudian mesin high by-pass turbofan yang diterapkan pada mesin
CFM56-5C2 yang dipakai oleh pesawat Airbus A340 dan mesin CFM56-3 yang
dipakai pada Boeing B-737 serie 300, 400 dan 500 yang merupakan produk
bersama antara GE dengan SNECMA dari Perancis.
Pada pesawat militer, mesin turbofan yang diterapkan antara lain
adalah mesin TF39-1C yang dipakai pada pesawat angkut raksasa C-5
Galaxy, kemudian GE F110 yang dipakai pada F-16, GE F118 yang bertype
non-augmented turbofan yang diterapkan pada pesawat pembom stealth
Northrop-Grumman B-2 dan pembom B-1 dengan mesin non augmented turbofan
GE F101.
Album
-
Turboprop
Mesin turboprop adalah jenis pesawat pembangkit yang menggunakan turbin gas untuk menggerakkan baling-baling. Turbin gas yang dirancang khusus untuk aplikasi ini, dengan hampir semua output yang digunakan untuk menggerakkan baling-baling. Mesin gas buang mengandung energi sedikit dibandingkan dengan mesin jet dan memainkan peran kecil dalam penggerak pesawat.
Baling-baling ini digabungkan ke turbin melalui gigi reduksi yang mengubah RPM tinggi, torsi output yang rendah untuk RPM rendah, torsi tinggi. Baling-baling itu sendiri biasanya dengan kecepatan konstan (pitch variabel) tipe serupa dengan yang digunakan dengan mesin pesawat yang lebih besar reciprocating.
Mesin turboprop umumnya digunakan pada pesawat subsonic kecil, namun beberapa pesawat dilengkapi dengan pesawat turboprop memiliki daya kecepatan melebihi 500 kt (926 km / h, 575 mph). pesawat militer dan sipil besar, seperti Lockheed L-188 Electra dan Tupolev Tu-95, juga telah menggunakan kekuatan turboprop. The Airbus A400M ini didukung oleh empat TP400 mesin Europrop, yang kedua mesin turboprop paling kuat yang pernah dihasilkan, setelah Kuznetsov NK-12.
Dalam bentuk yang paling sederhana turboprop terdiri dari intake, kompresor, ruang bakar, turbin, dan mendorong nozzle. Udara ditarik ke dalam intake dan dikompresi oleh kompresor. Bahan bakar ini kemudian ditambahkan ke udara dikompresi dalam ruang bakar, di mana campuran bahan bakar-udara kemudian combusts. Pembakaran gas panas memperluas melalui turbin. Beberapa kekuatan yang dihasilkan oleh turbin digunakan untuk menggerakkan kompresor. Sisanya ditularkan melalui pengurangan gearing untuk baling-baling. perluasan lebih lanjut dari gas terjadi di nozel mendorong, dimana gas buang dengan tekanan atmosfer. Nozel mendorong menyediakan proporsi yang relatif kecil dari dorongan yang dihasilkan oleh sebuah turboprop.
Pesawat turboprop sangat efisien dengan kecepatan pesawat sederhana (di bawah 450 mph) karena kecepatan pesawat jet dari baling-baling (dan buang) relatif rendah. Karena tingginya harga mesin turboprop, mereka sebagian besar digunakan di mana kinerja tinggi pendek lepas landas dan mendarat (STOL) kemampuan dan efisiensi pada kecepatan penerbangan sederhana diperlukan. Aplikasi paling umum mesin turboprop dalam penerbangan sipil di dalam pesawat komuter kecil, di mana keandalan mereka lebih besar dari mesin offset reciprocating biaya tinggi awal mereka.
Mesin Turboprop adalah mesin turbojet dengan turbin tambahan yang dirancang sedemikian rupa untuk menyerap semburan sisa bahan bakar yang sebelumnya menggerakkan kompresor. Pada prakteknya selalu ada sisa semburan gas dan sisa inilah yang dipakai untuk mengerakkan turbin yang dihubungkan ke reduction gear, biasanya terletak di bagian mesin, memutar baling-baling.
Jenis mesin ini irit bahan bakar untuk pesawat berkecepatan rendah/sedang dan terbang rendah (400 mil per jam/30.000 kaki). Melalui teknologi maju, selain irit juga menghasilkan tingkat kebisingan yang rendah dan mampu meluncurkan pesawat degnan kecepatan 400 mil per jam.
Contoh mesin turboprop yang populer adalah mesin Rolls-Royce Dart yang dipakai pada pesawat Britih Aerospace atau BAe (dulu Hawker Siddeley) HS-748 dan Fokker F-27. Kemudian mesin Rolls-Royce Tyne yang digunakan pada pesawat jenis Transall C-160 dan BAe Vanguard.
Mesin jenis ini tenaganya diukur dengan total equivalent horsepower (tehp) atau kilowatt(kW)-shaft horsepower (shp) plus sisa daya dorong. Sebagai contoh, mesin Tyne dengan take-off power 4.985 tehp (3.720 kW) sampai 6.100 tehp (4.550 kW) merupakan mesin turpboprop yang paling kuat dan irit bahan bakar.
Album
-
Kuznetsov NK-12M Turboprop, on a Tu-95
Mesin Turboshaft
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mesin turboshaft biasanya digunakan dalam aplikasi yang memerlukan output daya yang tinggi, kehandalan tinggi, ukuran kecil, dan ringan. Ini termasuk helikopter, unit daya tambahan, perahu dan kapal, tank, hovercraft, dan peralatan stasioner, ada juga motor yang menggunakan mesin ini yaitu : suzuki turbo hayabusa, dan MTT TURBINE (Y2K). [1]
Mesin Turboshaft sebenarnya adalah mesin turboprop tanpa baling-baling. Power turbin-nya dihubungkan langsung dengan reduction gearbox atau ke sebuah shaft (sumbu) sehingga tenaganya diukur dalam shaft horsepower (shp) atau kilowatt (kW).
Jenis mesin ini umumnya digunakan untuk menggerakkan helikopter, yakni menggerakan rotor utama maupun rotor ekor (tail rotor) selain itu juga digunakan dalam sektor industri dan maritim termask untuk pembangkit listrik, stasiun pompa gas dan minyak, hovercraft, dan kapal.
Contoh mesin ini adalah GEM/RR 1004 bertenaga 900 shp yang diterapkan pada helikopter type Lynx dan mesin Gnome 1.660 shp (1.238 kW) pada helikopter Sea King. Sedangkan versi Industri lain adalah mesin pembangkit listrik 25-30 MW Rolls-Royce RB211 dengan 35.000-40.000 shp.
Contoh lain adalah mesin GE T64 yang dipakai pada helikopter Sikorsy CH-53, pesawat amfibi Shin Meiwa PS-1, G-222 Aeritalia-pesaing CN-235 dan helikopter Lockheed AH-56A.
jet saya udah work. ini link nya
BalasHapushttps://www.youtube.com/watch?v=JPTGukkztf8
https://www.youtube.com/watch?v=9RxRiscQxbQ
https://www.youtube.com/watch?v=z16tsaQ0GBk
mampir kesini http://tehnikjasa.blogspot.com/2015/04/membuat-turbin-jet-sendiri-homemade-jet.html
BalasHapus