Konsep pesawat jet telah ada sejak sekitar 1910, dan penerbangan berawak
pertama pesawat jet terjadi di Jerman pada tahun 1939. Pemanfaatan
Pesawat jet secara komersial digunakan pada tahun 1950-an. Kemajuan
teknik dan teknologi telah memungkinkan pesawat jet terbang berkali-kali
lebih cepat daripada kecepatan suara, dengan terbang tak berpenumpang
"scramjets" mendekati Mach-10.
SEJARAH MESIN PESAWAT JET
Mesin pesawat jet modern dikembangkan secara bersamaan di Inggris oleh Frank Whittle dan di Jerman oleh Hans von Ohain. Penerbangan pertama pesawat jet terjadi di Jerman pada tahun 1939. Di Jerman pesawat jet tempur dipergunakan menjelang akhir Perang Dunia II, Messerschmidt 262, tetapi usaha Jerman terlambat sehingga tidak bisa berbuat lebih banyak untuk memenangkan perang Jerman. Militer AS mulai mengembangkan pesawat jet tempur selama Perang Dunia II dengan mesin yang didasarkan pada desain Whittle's. Teknologi meningkat dengan cepat setelah perang dengan akses ke teknologi Jerman. Produsen mesin jet terbesar saat ini yaitu General Electric dan Pratt-Whitney and Rolls-Royce.
Sir Isaac Newton pada abad ke-18 adalah orang pertama yang berteori bahwa ledakan disalurkan ke belakang-bisa mendorong mesin ke depan pada tingkat besar kecepatan. Teori ini didasarkan pada hukum ketiga gerak. Sebagai ledakan udara panas mundur melalui nozzle pesawat bergerak maju.
Henri Giffard dibangun sebuah pesawat yang didukung oleh mesin pesawat pertama, kuda listrik tiga mesin uap. Itu sangat berat, terlalu berat untuk terbang.
Pada 1874, Felix de Candi , membangun sebuah pesawat udara bersayap sepasang yang terbang hanya hop singkat menuruni bukit dengan bantuan berbahan bakar batubara mesin uap.
Otto Daimler , pada akhir 1800-an menemukan mesin bensin pertama.
Pada tahun 1894, Amerika Hiram Maxim mencoba kekuatan biplan triple dengan dua mesin uap berbahan bakar batubara. Ini hanya terbang selama beberapa detik.
Mesin uap awal yang didukung oleh batubara dipanaskan dan pada umumnya terlalu berat untuk terbang.
American Samuel Langley membuat pesawat model yang didukung oleh mesin uap. Pada tahun 1896, dia berhasil menerbangkan pesawat tak berawak dengan bertenaga mesin uap, yang disebut Aerodrome . Ini terbang sekitar 1 mil sebelum kehabisan uap. Ia kemudian mencoba membangun sebuah pesawat berukuran penuh, A Aerodrome,dengan mesin bertenaga gas. Pada tahun 1903, ia jatuh segera setelah diluncurkan dari sebuah kapal rumah.
Pada 1903, Wright Brothers terbang, The Flyer , dengan gas bertenaga kuda tenaga mesin 12.
Dari 1903, tahun penerbangan pertama Wright Brothers, untuk akhir 1930-an gas reciprocating bertenaga mesin pembakaran internal dengan baling-baling adalah satu-satunya cara yang digunakan untuk mendorong pesawat.
Itu adalah Frank Whittle , seorang pilot Inggris, yang merancang mesin turbo jet pertama di 1930. Mesin Whittle pertama berhasil terbang pada bulan April, 1937. Mesin ini menampilkan kompresor multistage, dan ruang bakar, turbin satu tahap dan nozel.
Pesawat jet pertama yang berhasil menggunakan jenis mesin adalah Heinkel Jerman Dia 178. Itu adalah turbojet bertenaga's penerbangan pertama dunia. General Electric untuk US Army Air Force membangun pesawat jet pertama Amerika. Itu adalah pesawat eksperimental 59A-XP.
DASAR-DASAR CARA KERJA PESAWAT JET
Jet mesin pesawat bergerak ke depan dengan kekuatan besar yang dihasilkan oleh dorongan luar biasa dan menyebabkan pesawat terbang sangat cepat.
Semua mesin jet, yang juga disebut turbin gas, bekerja pada prinsip yang sama. Mesin mengisap udara di di depan dengan kipas. Sebuah kompresor menaikkan tekanan udara. kompresor ini terdiri dari banyak kipas dengan pisau dan melekat pada suatu poros. Pisau memampatkan udara. Udara yang dikompresi kemudian disemprot dengan bahan bakar dan percikan listrik lampu campuran. Gas-gas pembakaran memperluas dan ledakan keluar melalui nozzle, di bagian belakang mesin. Sebagai jet gas menembak ke belakang, mesin dan pesawat didorong ke depan.
Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana udara mengalir melalui mesin. Udara berjalan melalui inti mesin serta sekitar inti. Hal ini menyebabkan beberapa udara menjadi sangat panas dan sedikit lebih dingin. Udara dingin kemudian bercampur dengan udara panas di pintu keluar daerah mesin.
Gambar di atas menunjukkan bagaimana mesin jet akan terletak di pesawat militer modern. Dalam mesin jet dasar, udara memasuki asupan depan dan dikompresi (kita akan lihat bagaimana kemudian). Kemudian udara dipaksa masuk ke ruang pembakaran di mana bahan bakar disemprotkan ke dalamnya, dan campuran udara dan bahan bakar dinyalakan. Gas yang membentuk berkembang dengan cepat dan kelelahan melalui bagian belakang ruang pembakaran. Gas tersebut mengerahkan kekuatan yang sama dalam segala arah, memberikan dorongan ke depan saat mereka kabur ke belakang. Sebagai gas-gas meninggalkan mesin, mereka melewati satu berbentuk kipas set baling (turbin), yang berputar poros yang disebut poros turbin. Poros ini, pada gilirannya, berputar kompresor, sehingga membawa di fresh supply of udara melalui asupan. Di bawah ini animasi terisolasi jet engine, yang menggambarkan proses aliran udara, kompresi, pembakaran, udara keluar dan poros rotasi hanya dijelaskan.
Apa itu Tenaga Dorongan?
Tenaga Dorongan adalah kekuatan yang mendorong mesin ke depan dan, karena itu, pesawat ke depan. Sir Isaac Newton menemukan bahwa untuk "setiap tindakan ada reaksi yang sama dan berlawanan." Sebuah mesin menggunakan prinsip ini. Mesin membutuhkan dalam volume besar udara. Udara dipanaskan dan dikompresi dan melambat.Udara terpaksa melalui pisau berputar banyak. Dengan pencampuran ini udara dengan bahan bakar jet, suhu udara dapat mencapai tiga ribu derajat. Kekuatan udara yang digunakan untuk memutar turbin. Akhirnya, ketika udara daun, itu mendorong mundur keluar dari mesin. Hal ini menyebabkan pesawat untuk bergerak maju.
Gambaran tentang bagaimana udara mengalir melalui sebuah mesin
Proses dapat digambarkan oleh diagram berikut yang diadopsi dari situs web Rolls Royce, produsen mesin jet yang populer.
Proses ini adalah inti dari bagaimana mesin jet bekerja, tapi bagaimana tepatnya melakukan sesuatu seperti kompresi (memeras) terjadi? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang masing-masing empat langkah dalam penciptaan dorong oleh mesin jet, lihat di bawah.
SUCK
Mesin menyebalkan di volume besar udara melalui tahap kipas dan kompresor. Mesin jet komersial khas yang diperlukan dalam 1.2 ton udara per detik selama lepas landas-dengan kata lain, itu bisa kosong udara dalam labu pengadilan dalam waktu kurang dari satu detik. Mekanisme yang mesin jet menyebalkan di udara adalah sebagian besar bagian dari tahap kompresi. Dalam banyak mesin kompresor bertanggung jawab untuk kedua mengisap di udara dan mengompresi itu. Beberapa mesin memiliki kipas tambahan yang bukan merupakan bagian dari kompresor untuk menarik udara tambahan ke dalam sistem. Kipas adalah komponen paling kiri dari mesin yang digambarkan di atas.
MENEKAN
Selain menarik udara ke dalam mesin, kompresor juga pressurizes udara dan memberikan ke ruang pembakaran. Kompresor ditunjukkan pada gambar di atas hanya di sebelah kiri api di ruang pembakaran dan di sebelah kanan dari kipas angin. Kipas kompresi yang didorong dari turbin oleh poros (turbin pada gilirannya didorong oleh udara yang meninggalkan mesin). Kompresor dapat mencapai rasio kompresi lebih dari 40: 1, yang berarti bahwa tekanan udara di ujung kompresor lebih dari 40 kali dari udara yang masuk kompresor. Pada kekuatan penuh memutar baling-baling kompresor khas jet komersial di 1000mph (1600kph) dan mengambil dalam 2600lb (1200kg) dari udara per detik.
Sekarang kita akan membahas bagaimana kompresor sebenarnya memampatkan udara.
Sebagai dapat dilihat dalam gambar di atas, kipas-kipas hijau yang menyusun kompresor berangsur-angsur mendapatkan lebih kecil dan lebih kecil, sebagai tidak rongga yang melaluinya udara harus perjalanan. Udara harus terus bergerak ke kanan, menuju ruang pembakaran mesin, karena kipas berputar dan mendorong udara arah itu. Hasilnya adalah suatu jumlah udara yang bergerak dari ruang yang lebih besar ke yang lebih kecil, dan dengan demikian meningkatkan tekanan.
BANG
Di ruang pembakaran, bahan bakar dicampur dengan udara menghasilkan bang, yang bertanggung jawab untuk ekspansi yang memaksa udara ke dalam turbin. Di dalam mesin jet komersial khas, bahan bakar luka bakar di ruang pembakaran pada sampai 2000 derajat Celcius. Suhu di mana logam dalam bagian ini mesin mulai mencair adalah 1300 derajat Celsius, sehingga teknik-teknik canggih pendingin harus digunakan.
Ruang pembakaran memiliki tugas sulit pembakaran bahan bakar, dipasok melalui nozel semprot bahan bakar, dengan luas volume udara, disediakan oleh kompresor, dalam jumlah besar dan melepaskan yang dihasilkan panas sedemikian rupa bahwa udara diperluas dan dipercepat untuk memberikan aliran halus seragam dipanaskan gas. Tugas ini harus dilakukan dengan kerugian minimal tekanan dan dengan rilis panas maksimum dalam ruang yang tersedia terbatas.
Jumlah bahan bakar yang ditambahkan ke udara akan tergantung pada kenaikan suhu yang diperlukan. Namun, suhu maksimum terbatas pada jarak tertentu yang ditentukan oleh bahan-bahan yang dari mana bilah dan nozel dibuat. Udara sudah dipanaskan antara 200 dan 550 ° C oleh kerja yang dilakukan di kompresor, memberikan persyaratan kenaikan suhu sekitar 650 1150 ° c dari proses pembakaran. Karena suhu gas menentukan mesin dorong, ruang pembakaran harus mampu mempertahankan stabil dan efisien pembakaran atas berbagai mesin kondisi operasi.
Udara yang dibawa oleh kipas bekerja melalui inti dari mesin dan dengan demikian tidak digunakan untuk pembakaran, yang jumlah sekitar 60 persen dari total aliran udara, semakin diperkenalkan ke dalam api tabung untuk menurunkan suhu di dalam pembakar dan mendinginkan dinding api tabung.
BLOW
Reaksi gas diperluas-campuran bahan bakar dan udara — dipaksa melalui turbin, mendorong penggemar dan kompresor dan pukulan keluar dari knalpot nossel memberikan dorongan.
Dengan demikian, turbin memiliki tugas memberikan kekuatan untuk menggerakkan kompresor dan aksesoris. Hal ini dilakukan dengan mengeluarkan energi dari gas panas dilepaskan dari sistem pembakaran dan memperluas mereka untuk lebih rendah tekanan dan temperatur. Aliran kontinu yang terkena turbin gas dapat memasukkan turbin pada suhu antara 850 dan 1700 ° C, yang lagi jauh di atas titik leleh saat ini bahan teknologi.
Untuk menghasilkan torsi mengemudi, turbin dapat terdiri dari beberapa tahap, masing-masing mempekerjakan satu baris bergerak blades dan satu baris baling-baling stasioner panduan untuk mengarahkan udara seperti yang diinginkan ke baling-baling. Jumlah tahap tergantung pada hubungan antara daya yang diperlukan dari aliran gas, kecepatan rotasi di mana harus diproduksi, dan diameter turbin diizinkan.
Keinginan untuk menghasilkan efisiensi tinggi mesin menuntut inlet turbin tinggi suhu, tetapi ini menyebabkan masalah seperti turbin baling-baling akan diperlukan untuk melakukan dan bertahan lama operasi periode pada temperatur di atas titik leleh mereka. Pisau ini, sementara merah-panas menyala, harus cukup kuat untuk membawa beban sentrifugal berkat rotasi kecepatan tinggi.
Beroperasi di bawah kondisi ini, udara dingin adalah dipaksa keluar dari banyak lubang-lubang kecil dipotong. Udara ini tetap dekat dengan pisau, mencegahnya mencair, tapi tidak kehilangan secara signifikan dari mesin kinerja secara keseluruhan. Nikel paduan digunakan untuk membangun turbin pemotong dan baling-baling panduan nosel karena bahan-bahan ini menunjukkan sifat baik pada temperatur tinggi
TIPE MESIN JET
KOMPONEN MESIN JET
Fan - Kipas merupakan komponen pertama dalam sebuah turbofan. Kipas berputar besar mengisap dalam jumlah besar udara. Kebanyakan bilah kipas terbuat dari titanium.Kemudian kecepatan udara ini dan terbagi menjadi dua bagian. Salah satu bagian terus melalui "inti" atau pusat dari mesin, di mana ia ditindaklanjuti oleh komponen mesin lainnya.
Bagian kedua "bypasses" inti dari mesin. Ini berjalan melalui saluran yang mengelilingi inti ke belakang mesin mana banyak menghasilkan kekuatan yang mendorong pesawat ke depan. Hal ini udara dingin membantu untuk mesin tenang serta menambahkan gaya dorong ke mesin.
Compressor - Kompresor adalah komponen pertama dalam inti mesin. kompresor ini terdiri dari banyak penggemar dengan pisau dan melekat pada suatu poros. Kompresor meremas udara yang masuk ke daerah semakin kecil, mengakibatkan peningkatan tekanan udara. Hal ini menyebabkan peningkatan potensi energi udara. Udara tergencet dipaksa ke ruang pembakaran.
Combustor - Dalam ruang bakar udara dicampur dengan bahan bakar dan kemudian dinyalakan. Ada sebanyak 20 nosel untuk bahan bakar spray ke dalam aliran udara.Campuran udara dan bahan bakar api tangkapan. Ini memberikan suhu tinggi, energi tinggi aliran udara. Bahan bakar terbakar dengan oksigen di udara tekan, menghasilkan gas memperluas panas. Bagian dalam ruang bakar sering dibuat dari bahan keramik untuk menyediakan ruang tahan panas. Panas bisa mencapai 2700 °.
Turbine - Energi tinggi aliran udara keluar dari ruang bakar yang masuk ke turbin, menyebabkan pisau turbin untuk memutar. Turbin dihubungkan oleh poros mengubah pisau di kompresor dan untuk memutar kipas intake di depan. rotasi ini mengambil energi beberapa dari energi aliran tinggi yang digunakan untuk menggerakkan kipas dan kompresor. Gas yang dihasilkan dalam ruang bakar bergerak melalui turbin dan pisau yang berputar. Turbin dari jet berputar ribuan kali. Mereka tetap pada poros yang memiliki beberapa set bola-bantalan di antara mereka.
Nozzle - nozzle adalah saluran pembuangan dari mesin. Ini adalah bagian mesin yang sebenarnya menghasilkan dorong untuk pesawat. Energi yang habis aliran udara yang melewati turbin, selain udara dingin yang melewati inti mesin, menghasilkan tenaga saat keluar dari nosel yang bertindak untuk menggerakkan mesin, dan karena itu pesawat, ke depan. Kombinasi udara panas dan udara dingin yang dikeluarkan dan menghasilkan knalpot, yang menyebabkan condong ke depan. nozzle ini dapat didahului dengan mixer , yang menggabungkan suhu udara tinggi yang berasal dari inti mesin dengan suhu udara yang lebih rendah yang dilewati di kipas angin. mixer membantu untuk membuat mesin lebih tenang.
JENIS-JENIS MESIN JET
Gambar Turbojet
Turbojet
Ide dasar dari mesin turbojet sederhana. Udara diambil dalam dari membuka di bagian depan mesin dikompresi sampai 3 sampai 12 kali tekanan aslinya di kompresor.Bahan Bakar ditambahkan ke udara dan dibakar dalam ruang pembakaran untuk meningkatkan suhu campuran cairan sampai sekitar 1.100 sampai 1.300 ° F ° F. udara panas yang dihasilkan dilewatkan melalui turbin, yang drive kompresor. Jika turbin dan kompresor yang efisien, tekanan pada debit turbin akan hampir dua kali tekanan atmosfer, dan ini kelebihan tekanan dikirim ke nosel untuk menghasilkan aliran kecepatan tinggi gas yang menghasilkan gaya dorong. Lonjakan dorong dapat diperoleh dengan menggunakan sebuah afterburner. Ini adalah ruang pembakaran kedua diposisikan setelah turbin dan sebelum nozzle. afterburner Peningkatan suhu gas depan nozzle. Hasil dari peningkatan suhu adalah kenaikan sekitar 40 persen di dorong di lepas landas dan persentase yang jauh lebih besar pada kecepatan tinggi ketika pesawat berada di udara.
Mesin turbojet adalah mesin reaksi. Dalam mesin reaksi, gas memperluas mendorong keras melawan bagian depan mesin. turbojet yang menyebalkan di udara dan kompres atau meremas itu. Aliran gas melalui turbin dan membuatnya berputar. Gas-gas ini bangkit kembali dan menembak dari belakang knalpot, mendorong pesawat maju.
Sebuah mesin turboprop adalah mesin jet yang melekat pada baling-baling. Turbin di belakang dihidupkan oleh gas panas, dan ini ternyata sebuah poros yang menggerakkan baling-baling. Beberapa pesawat kecil dan pesawat angkut yang didukung oleh turboprops.
Seperti turbojet, mesin turboprop terdiri dari kompresor, ruang bakar, dan turbin, udara dan tekanan gas yang digunakan untuk menjalankan turbin, yang kemudian menciptakan kekuatan untuk menggerakkan kompresor. Dibandingkan dengan mesin turbojet, turboprop memiliki efisiensi propulsi yang lebih baik pada kecepatan penerbangan di bawah sekitar 500 mil per jam. mesin turboprop modern dilengkapi dengan baling-baling yang memiliki diameter lebih kecil tetapi lebih banyak bilah untuk operasi yang efisien pada penerbangan kecepatan yang lebih tinggi banyak. Untuk mengakomodasi penerbangan kecepatan tinggi, pisau yang berbentuk pedang dengan punggung terkemuka tepi-menyapu di ujung pisau. Menampilkan mesin baling-baling seperti disebut propfans.
Turbofan
Sebuah mesin turbofan memiliki kipas besar di bagian depan, yang menyebalkan di udara. Sebagian besar udara mengalir di sekitar bagian luar mesin, membuatnya lebih tenang dan memberikan penetrasi dengan lebih pada kecepatan rendah. Sebagian besar pesawat saat ini yang didukung oleh turbofan. Dalam sebuah turbojet semua udara yang masuk intake melewati generator gas, yang terdiri dari kompresor, ruang bakar, dan turbin. Dalam mesin turbofan hanya sebagian dari udara yang masuk masuk ke ruang pembakaran. Sisanya melewati sebuah kipas, atau kompresor tekanan rendah, dan dikeluarkan secara langsung sebagai jet "dingin" atau dicampur dengan generator-gas buang untuk menghasilkan "panas" jet. Tujuan semacam ini sistem bypass adalah untuk meningkatkan daya dorong tanpa konsumsi bahan bakar meningkat. Ini mencapai ini dengan meningkatkan aliran massa udara total dan mengurangi kecepatan dalam pasokan energi yang sama total.
Ini adalah bentuk lain dari mesin turbin gas yang beroperasi seperti sistem turboprop. Ini tidak berkendara sebuah propellor. Sebaliknya, memberikan kekuatan untuk rotor helikopter. Mesin turboshaft dirancang sedemikian rupa sehingga kecepatan rotor helikopter tidak tergantung pada kecepatan putar generator gas. Hal ini memungkinkan kecepatan rotor harus dijaga konstan bahkan ketika kecepatan generator yang bervariasi untuk memodulasi jumlah listrik yang dihasilkan.
Mesin jet yang paling sederhana tidak memiliki bagian yang bergerak. Kecepatan dari "domba jantan" jet atau angkatan udara ke dalam mesin. Ini pada dasarnya adalah mesin turbojet yang berputar telah dihilangkan. Penerapannya dibatasi oleh fakta bahwa rasio kompresi tergantung sepenuhnya pada kecepatan maju. ramjet tidak mengembangkan dorong statis dan dorong sangat sedikit pada umumnya di bawah kecepatan suara. Sebagai akibatnya, kendaraan ramjet memerlukan beberapa bentuk lepas landas dibantu, seperti pesawat lain. Ini telah digunakan terutama dalam sistem dipandu-rudal. Ruang kendaraan menggunakan jenis jet.
PESAWAT JET KOMERSIAL
Pesawat komersial pertama kali diproduksi oleh Inggris, dengan nama "de Havilland Comet", pada tahun 1949. Produksi pesawat komersial pertama ini merupakan rancang ulang sebanyak empat kali perubahan. Rancang ulang ini dilakukan karena mengalami dua peristiwa kecelakaan pada tahun 1945. Hal ini disebabkan karena desain dan bahan logam pesawat. de Havilland Comet sepenuhnya dirancang ulang untuk menghilangkan masalah tersebut.
Pada tahun 1954 Amerika Serikat memproduksi Pesawat Boeing 707, sebagian desain pesawat didasarkan desain pesawat tempur militer, B-52. Kemudian tak lama kemudian, Douglas memproduksi pesawat jet DC-8. Pada tahun 1963, Boeing 727 diproduksi. Pesawat jet komersial yang diproduksi sampai saat banyak mengadopsi teknologi Boeing 727. Pada tahun 1969, Boeing melaunching pesawat Jumbo Jet 747. Pesawat Jet modern umumnya memaksimalkan efesiensi kenyamanan penumpang dan bahan bakar.
PESAWAT JET TERCEPAT
US Air Force SR-71 The Blackbird diakui sebagai pesawat jet berawak yang tercepat di dunia. Pesawat ini terbang dengan kecepatan Mach 3.5 (lebih dari 2.000 mph). X-15 terbang di atas dua kali lebih cepat, tapi dengan tenaga mesin roket, bukan mesin jet. NASA telah menerbangkan pesawat jet tak berawak, X-43A, pada sekitar 7.000 mph. X-43A didukung oleh tenaga scramjet yang tidak akan beroperasi di bawah scraf Mach-3 karena harus memiliki tenaga dorong roket atau rudal "stack" agar mendapatkan kecepatan saat mesin akan mulai beroperasi. Pesawat tempur jet modern umumnya terbang lebih dari 1.000 mph dan hingga sekitar 1.600 mph. Secara umum "The Blackbird" diakui sebagai pesawat jet tercepat.
SSTs (Supersonic Transports)
Penerbangan komersial supersonik digunakan dengan tujuan dari Amerika ke Eropa selama era perang dingin. Pesawat penumpang supersonik, atau "SSTs," dirancang untuk menyediakan angkutan cepat penumpang Interkontinental komersial. Aerospatiale merupakan Konsorsium Perancis-Inggris memproduksi pesawat supersonik jet komersial, yang dikenal sebagai Concorde. Concorde pertama kali terbang pada tahun 1969 dan memasuki penerbangan komersial pada tahun 1976. Kemudian Uni Soviet memproduksi SSTs, dengan nama Tupolev TU-144, yang lebih cepat daripada Concorde dan melaksanakan penerbangan perdananya beberapa bulan sebelum Concorde. Kecelakaan spektakuler pesawat jet terjadi di Paris AirShow pada tahun 1973. Tupolev TU-144 melayani permintaan secara terbatas untuk penerbangan komersial supersonik sekitar 100 penerbangan.
PADA MASA DEPAN
Pelayanan SSTs pada tahun 2010 dihentikan karena masalah kebisingan dan tidak layak secara ekonomi. Sementara perlombaan untuk kecepatan yang lebih tinggi terus berlanjut dengan scramjets tak berawak, tentara militer sekarang merancang untuk "stealth" (diam merayap) dan bermuatan, tidak untuk kecepatan tinggi atau sebagai pesawat pengintai tanpa terdeteksi radar musuh. Pesawat jet sekarang dirancang dengan mengangkut lebih dari 500 penumpang yang memperhatikan efisiensi bahan bakar, kenyamanan penumpang dan jangkauan maksimum
SEJARAH MESIN PESAWAT JET
Mesin pesawat jet modern dikembangkan secara bersamaan di Inggris oleh Frank Whittle dan di Jerman oleh Hans von Ohain. Penerbangan pertama pesawat jet terjadi di Jerman pada tahun 1939. Di Jerman pesawat jet tempur dipergunakan menjelang akhir Perang Dunia II, Messerschmidt 262, tetapi usaha Jerman terlambat sehingga tidak bisa berbuat lebih banyak untuk memenangkan perang Jerman. Militer AS mulai mengembangkan pesawat jet tempur selama Perang Dunia II dengan mesin yang didasarkan pada desain Whittle's. Teknologi meningkat dengan cepat setelah perang dengan akses ke teknologi Jerman. Produsen mesin jet terbesar saat ini yaitu General Electric dan Pratt-Whitney and Rolls-Royce.
Sir Isaac Newton pada abad ke-18 adalah orang pertama yang berteori bahwa ledakan disalurkan ke belakang-bisa mendorong mesin ke depan pada tingkat besar kecepatan. Teori ini didasarkan pada hukum ketiga gerak. Sebagai ledakan udara panas mundur melalui nozzle pesawat bergerak maju.
Henri Giffard dibangun sebuah pesawat yang didukung oleh mesin pesawat pertama, kuda listrik tiga mesin uap. Itu sangat berat, terlalu berat untuk terbang.
Pada 1874, Felix de Candi , membangun sebuah pesawat udara bersayap sepasang yang terbang hanya hop singkat menuruni bukit dengan bantuan berbahan bakar batubara mesin uap.
Otto Daimler , pada akhir 1800-an menemukan mesin bensin pertama.
Pada tahun 1894, Amerika Hiram Maxim mencoba kekuatan biplan triple dengan dua mesin uap berbahan bakar batubara. Ini hanya terbang selama beberapa detik.
Mesin uap awal yang didukung oleh batubara dipanaskan dan pada umumnya terlalu berat untuk terbang.
American Samuel Langley membuat pesawat model yang didukung oleh mesin uap. Pada tahun 1896, dia berhasil menerbangkan pesawat tak berawak dengan bertenaga mesin uap, yang disebut Aerodrome . Ini terbang sekitar 1 mil sebelum kehabisan uap. Ia kemudian mencoba membangun sebuah pesawat berukuran penuh, A Aerodrome,dengan mesin bertenaga gas. Pada tahun 1903, ia jatuh segera setelah diluncurkan dari sebuah kapal rumah.
Pada 1903, Wright Brothers terbang, The Flyer , dengan gas bertenaga kuda tenaga mesin 12.
Dari 1903, tahun penerbangan pertama Wright Brothers, untuk akhir 1930-an gas reciprocating bertenaga mesin pembakaran internal dengan baling-baling adalah satu-satunya cara yang digunakan untuk mendorong pesawat.
Itu adalah Frank Whittle , seorang pilot Inggris, yang merancang mesin turbo jet pertama di 1930. Mesin Whittle pertama berhasil terbang pada bulan April, 1937. Mesin ini menampilkan kompresor multistage, dan ruang bakar, turbin satu tahap dan nozel.
Pesawat jet pertama yang berhasil menggunakan jenis mesin adalah Heinkel Jerman Dia 178. Itu adalah turbojet bertenaga's penerbangan pertama dunia. General Electric untuk US Army Air Force membangun pesawat jet pertama Amerika. Itu adalah pesawat eksperimental 59A-XP.
DASAR-DASAR CARA KERJA PESAWAT JET
Jet mesin pesawat bergerak ke depan dengan kekuatan besar yang dihasilkan oleh dorongan luar biasa dan menyebabkan pesawat terbang sangat cepat.
Semua mesin jet, yang juga disebut turbin gas, bekerja pada prinsip yang sama. Mesin mengisap udara di di depan dengan kipas. Sebuah kompresor menaikkan tekanan udara. kompresor ini terdiri dari banyak kipas dengan pisau dan melekat pada suatu poros. Pisau memampatkan udara. Udara yang dikompresi kemudian disemprot dengan bahan bakar dan percikan listrik lampu campuran. Gas-gas pembakaran memperluas dan ledakan keluar melalui nozzle, di bagian belakang mesin. Sebagai jet gas menembak ke belakang, mesin dan pesawat didorong ke depan.
Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana udara mengalir melalui mesin. Udara berjalan melalui inti mesin serta sekitar inti. Hal ini menyebabkan beberapa udara menjadi sangat panas dan sedikit lebih dingin. Udara dingin kemudian bercampur dengan udara panas di pintu keluar daerah mesin.
Gambar di atas menunjukkan bagaimana mesin jet akan terletak di pesawat militer modern. Dalam mesin jet dasar, udara memasuki asupan depan dan dikompresi (kita akan lihat bagaimana kemudian). Kemudian udara dipaksa masuk ke ruang pembakaran di mana bahan bakar disemprotkan ke dalamnya, dan campuran udara dan bahan bakar dinyalakan. Gas yang membentuk berkembang dengan cepat dan kelelahan melalui bagian belakang ruang pembakaran. Gas tersebut mengerahkan kekuatan yang sama dalam segala arah, memberikan dorongan ke depan saat mereka kabur ke belakang. Sebagai gas-gas meninggalkan mesin, mereka melewati satu berbentuk kipas set baling (turbin), yang berputar poros yang disebut poros turbin. Poros ini, pada gilirannya, berputar kompresor, sehingga membawa di fresh supply of udara melalui asupan. Di bawah ini animasi terisolasi jet engine, yang menggambarkan proses aliran udara, kompresi, pembakaran, udara keluar dan poros rotasi hanya dijelaskan.
Apa itu Tenaga Dorongan?
Tenaga Dorongan adalah kekuatan yang mendorong mesin ke depan dan, karena itu, pesawat ke depan. Sir Isaac Newton menemukan bahwa untuk "setiap tindakan ada reaksi yang sama dan berlawanan." Sebuah mesin menggunakan prinsip ini. Mesin membutuhkan dalam volume besar udara. Udara dipanaskan dan dikompresi dan melambat.Udara terpaksa melalui pisau berputar banyak. Dengan pencampuran ini udara dengan bahan bakar jet, suhu udara dapat mencapai tiga ribu derajat. Kekuatan udara yang digunakan untuk memutar turbin. Akhirnya, ketika udara daun, itu mendorong mundur keluar dari mesin. Hal ini menyebabkan pesawat untuk bergerak maju.
Gambaran tentang bagaimana udara mengalir melalui sebuah mesin
Proses dapat digambarkan oleh diagram berikut yang diadopsi dari situs web Rolls Royce, produsen mesin jet yang populer.
Proses ini adalah inti dari bagaimana mesin jet bekerja, tapi bagaimana tepatnya melakukan sesuatu seperti kompresi (memeras) terjadi? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang masing-masing empat langkah dalam penciptaan dorong oleh mesin jet, lihat di bawah.
SUCK
Mesin menyebalkan di volume besar udara melalui tahap kipas dan kompresor. Mesin jet komersial khas yang diperlukan dalam 1.2 ton udara per detik selama lepas landas-dengan kata lain, itu bisa kosong udara dalam labu pengadilan dalam waktu kurang dari satu detik. Mekanisme yang mesin jet menyebalkan di udara adalah sebagian besar bagian dari tahap kompresi. Dalam banyak mesin kompresor bertanggung jawab untuk kedua mengisap di udara dan mengompresi itu. Beberapa mesin memiliki kipas tambahan yang bukan merupakan bagian dari kompresor untuk menarik udara tambahan ke dalam sistem. Kipas adalah komponen paling kiri dari mesin yang digambarkan di atas.
MENEKAN
Selain menarik udara ke dalam mesin, kompresor juga pressurizes udara dan memberikan ke ruang pembakaran. Kompresor ditunjukkan pada gambar di atas hanya di sebelah kiri api di ruang pembakaran dan di sebelah kanan dari kipas angin. Kipas kompresi yang didorong dari turbin oleh poros (turbin pada gilirannya didorong oleh udara yang meninggalkan mesin). Kompresor dapat mencapai rasio kompresi lebih dari 40: 1, yang berarti bahwa tekanan udara di ujung kompresor lebih dari 40 kali dari udara yang masuk kompresor. Pada kekuatan penuh memutar baling-baling kompresor khas jet komersial di 1000mph (1600kph) dan mengambil dalam 2600lb (1200kg) dari udara per detik.
Sekarang kita akan membahas bagaimana kompresor sebenarnya memampatkan udara.
Sebagai dapat dilihat dalam gambar di atas, kipas-kipas hijau yang menyusun kompresor berangsur-angsur mendapatkan lebih kecil dan lebih kecil, sebagai tidak rongga yang melaluinya udara harus perjalanan. Udara harus terus bergerak ke kanan, menuju ruang pembakaran mesin, karena kipas berputar dan mendorong udara arah itu. Hasilnya adalah suatu jumlah udara yang bergerak dari ruang yang lebih besar ke yang lebih kecil, dan dengan demikian meningkatkan tekanan.
BANG
Di ruang pembakaran, bahan bakar dicampur dengan udara menghasilkan bang, yang bertanggung jawab untuk ekspansi yang memaksa udara ke dalam turbin. Di dalam mesin jet komersial khas, bahan bakar luka bakar di ruang pembakaran pada sampai 2000 derajat Celcius. Suhu di mana logam dalam bagian ini mesin mulai mencair adalah 1300 derajat Celsius, sehingga teknik-teknik canggih pendingin harus digunakan.
Ruang pembakaran memiliki tugas sulit pembakaran bahan bakar, dipasok melalui nozel semprot bahan bakar, dengan luas volume udara, disediakan oleh kompresor, dalam jumlah besar dan melepaskan yang dihasilkan panas sedemikian rupa bahwa udara diperluas dan dipercepat untuk memberikan aliran halus seragam dipanaskan gas. Tugas ini harus dilakukan dengan kerugian minimal tekanan dan dengan rilis panas maksimum dalam ruang yang tersedia terbatas.
Jumlah bahan bakar yang ditambahkan ke udara akan tergantung pada kenaikan suhu yang diperlukan. Namun, suhu maksimum terbatas pada jarak tertentu yang ditentukan oleh bahan-bahan yang dari mana bilah dan nozel dibuat. Udara sudah dipanaskan antara 200 dan 550 ° C oleh kerja yang dilakukan di kompresor, memberikan persyaratan kenaikan suhu sekitar 650 1150 ° c dari proses pembakaran. Karena suhu gas menentukan mesin dorong, ruang pembakaran harus mampu mempertahankan stabil dan efisien pembakaran atas berbagai mesin kondisi operasi.
Udara yang dibawa oleh kipas bekerja melalui inti dari mesin dan dengan demikian tidak digunakan untuk pembakaran, yang jumlah sekitar 60 persen dari total aliran udara, semakin diperkenalkan ke dalam api tabung untuk menurunkan suhu di dalam pembakar dan mendinginkan dinding api tabung.
BLOW
Reaksi gas diperluas-campuran bahan bakar dan udara — dipaksa melalui turbin, mendorong penggemar dan kompresor dan pukulan keluar dari knalpot nossel memberikan dorongan.
Dengan demikian, turbin memiliki tugas memberikan kekuatan untuk menggerakkan kompresor dan aksesoris. Hal ini dilakukan dengan mengeluarkan energi dari gas panas dilepaskan dari sistem pembakaran dan memperluas mereka untuk lebih rendah tekanan dan temperatur. Aliran kontinu yang terkena turbin gas dapat memasukkan turbin pada suhu antara 850 dan 1700 ° C, yang lagi jauh di atas titik leleh saat ini bahan teknologi.
Untuk menghasilkan torsi mengemudi, turbin dapat terdiri dari beberapa tahap, masing-masing mempekerjakan satu baris bergerak blades dan satu baris baling-baling stasioner panduan untuk mengarahkan udara seperti yang diinginkan ke baling-baling. Jumlah tahap tergantung pada hubungan antara daya yang diperlukan dari aliran gas, kecepatan rotasi di mana harus diproduksi, dan diameter turbin diizinkan.
Keinginan untuk menghasilkan efisiensi tinggi mesin menuntut inlet turbin tinggi suhu, tetapi ini menyebabkan masalah seperti turbin baling-baling akan diperlukan untuk melakukan dan bertahan lama operasi periode pada temperatur di atas titik leleh mereka. Pisau ini, sementara merah-panas menyala, harus cukup kuat untuk membawa beban sentrifugal berkat rotasi kecepatan tinggi.
Beroperasi di bawah kondisi ini, udara dingin adalah dipaksa keluar dari banyak lubang-lubang kecil dipotong. Udara ini tetap dekat dengan pisau, mencegahnya mencair, tapi tidak kehilangan secara signifikan dari mesin kinerja secara keseluruhan. Nikel paduan digunakan untuk membangun turbin pemotong dan baling-baling panduan nosel karena bahan-bahan ini menunjukkan sifat baik pada temperatur tinggi
TIPE MESIN JET
KOMPONEN MESIN JET
Fan - Kipas merupakan komponen pertama dalam sebuah turbofan. Kipas berputar besar mengisap dalam jumlah besar udara. Kebanyakan bilah kipas terbuat dari titanium.Kemudian kecepatan udara ini dan terbagi menjadi dua bagian. Salah satu bagian terus melalui "inti" atau pusat dari mesin, di mana ia ditindaklanjuti oleh komponen mesin lainnya.
Bagian kedua "bypasses" inti dari mesin. Ini berjalan melalui saluran yang mengelilingi inti ke belakang mesin mana banyak menghasilkan kekuatan yang mendorong pesawat ke depan. Hal ini udara dingin membantu untuk mesin tenang serta menambahkan gaya dorong ke mesin.
Compressor - Kompresor adalah komponen pertama dalam inti mesin. kompresor ini terdiri dari banyak penggemar dengan pisau dan melekat pada suatu poros. Kompresor meremas udara yang masuk ke daerah semakin kecil, mengakibatkan peningkatan tekanan udara. Hal ini menyebabkan peningkatan potensi energi udara. Udara tergencet dipaksa ke ruang pembakaran.
Combustor - Dalam ruang bakar udara dicampur dengan bahan bakar dan kemudian dinyalakan. Ada sebanyak 20 nosel untuk bahan bakar spray ke dalam aliran udara.Campuran udara dan bahan bakar api tangkapan. Ini memberikan suhu tinggi, energi tinggi aliran udara. Bahan bakar terbakar dengan oksigen di udara tekan, menghasilkan gas memperluas panas. Bagian dalam ruang bakar sering dibuat dari bahan keramik untuk menyediakan ruang tahan panas. Panas bisa mencapai 2700 °.
Turbine - Energi tinggi aliran udara keluar dari ruang bakar yang masuk ke turbin, menyebabkan pisau turbin untuk memutar. Turbin dihubungkan oleh poros mengubah pisau di kompresor dan untuk memutar kipas intake di depan. rotasi ini mengambil energi beberapa dari energi aliran tinggi yang digunakan untuk menggerakkan kipas dan kompresor. Gas yang dihasilkan dalam ruang bakar bergerak melalui turbin dan pisau yang berputar. Turbin dari jet berputar ribuan kali. Mereka tetap pada poros yang memiliki beberapa set bola-bantalan di antara mereka.
Nozzle - nozzle adalah saluran pembuangan dari mesin. Ini adalah bagian mesin yang sebenarnya menghasilkan dorong untuk pesawat. Energi yang habis aliran udara yang melewati turbin, selain udara dingin yang melewati inti mesin, menghasilkan tenaga saat keluar dari nosel yang bertindak untuk menggerakkan mesin, dan karena itu pesawat, ke depan. Kombinasi udara panas dan udara dingin yang dikeluarkan dan menghasilkan knalpot, yang menyebabkan condong ke depan. nozzle ini dapat didahului dengan mixer , yang menggabungkan suhu udara tinggi yang berasal dari inti mesin dengan suhu udara yang lebih rendah yang dilewati di kipas angin. mixer membantu untuk membuat mesin lebih tenang.
JENIS-JENIS MESIN JET
Gambar Turbojet
Turbojet
Ide dasar dari mesin turbojet sederhana. Udara diambil dalam dari membuka di bagian depan mesin dikompresi sampai 3 sampai 12 kali tekanan aslinya di kompresor.Bahan Bakar ditambahkan ke udara dan dibakar dalam ruang pembakaran untuk meningkatkan suhu campuran cairan sampai sekitar 1.100 sampai 1.300 ° F ° F. udara panas yang dihasilkan dilewatkan melalui turbin, yang drive kompresor. Jika turbin dan kompresor yang efisien, tekanan pada debit turbin akan hampir dua kali tekanan atmosfer, dan ini kelebihan tekanan dikirim ke nosel untuk menghasilkan aliran kecepatan tinggi gas yang menghasilkan gaya dorong. Lonjakan dorong dapat diperoleh dengan menggunakan sebuah afterburner. Ini adalah ruang pembakaran kedua diposisikan setelah turbin dan sebelum nozzle. afterburner Peningkatan suhu gas depan nozzle. Hasil dari peningkatan suhu adalah kenaikan sekitar 40 persen di dorong di lepas landas dan persentase yang jauh lebih besar pada kecepatan tinggi ketika pesawat berada di udara.
Mesin turbojet adalah mesin reaksi. Dalam mesin reaksi, gas memperluas mendorong keras melawan bagian depan mesin. turbojet yang menyebalkan di udara dan kompres atau meremas itu. Aliran gas melalui turbin dan membuatnya berputar. Gas-gas ini bangkit kembali dan menembak dari belakang knalpot, mendorong pesawat maju.
Gambar Turboprops
TurbopropsSebuah mesin turboprop adalah mesin jet yang melekat pada baling-baling. Turbin di belakang dihidupkan oleh gas panas, dan ini ternyata sebuah poros yang menggerakkan baling-baling. Beberapa pesawat kecil dan pesawat angkut yang didukung oleh turboprops.
Seperti turbojet, mesin turboprop terdiri dari kompresor, ruang bakar, dan turbin, udara dan tekanan gas yang digunakan untuk menjalankan turbin, yang kemudian menciptakan kekuatan untuk menggerakkan kompresor. Dibandingkan dengan mesin turbojet, turboprop memiliki efisiensi propulsi yang lebih baik pada kecepatan penerbangan di bawah sekitar 500 mil per jam. mesin turboprop modern dilengkapi dengan baling-baling yang memiliki diameter lebih kecil tetapi lebih banyak bilah untuk operasi yang efisien pada penerbangan kecepatan yang lebih tinggi banyak. Untuk mengakomodasi penerbangan kecepatan tinggi, pisau yang berbentuk pedang dengan punggung terkemuka tepi-menyapu di ujung pisau. Menampilkan mesin baling-baling seperti disebut propfans.
Gambar Turbofan
Turbofan
Sebuah mesin turbofan memiliki kipas besar di bagian depan, yang menyebalkan di udara. Sebagian besar udara mengalir di sekitar bagian luar mesin, membuatnya lebih tenang dan memberikan penetrasi dengan lebih pada kecepatan rendah. Sebagian besar pesawat saat ini yang didukung oleh turbofan. Dalam sebuah turbojet semua udara yang masuk intake melewati generator gas, yang terdiri dari kompresor, ruang bakar, dan turbin. Dalam mesin turbofan hanya sebagian dari udara yang masuk masuk ke ruang pembakaran. Sisanya melewati sebuah kipas, atau kompresor tekanan rendah, dan dikeluarkan secara langsung sebagai jet "dingin" atau dicampur dengan generator-gas buang untuk menghasilkan "panas" jet. Tujuan semacam ini sistem bypass adalah untuk meningkatkan daya dorong tanpa konsumsi bahan bakar meningkat. Ini mencapai ini dengan meningkatkan aliran massa udara total dan mengurangi kecepatan dalam pasokan energi yang sama total.
Gambar Turboshafts
TurboshaftsIni adalah bentuk lain dari mesin turbin gas yang beroperasi seperti sistem turboprop. Ini tidak berkendara sebuah propellor. Sebaliknya, memberikan kekuatan untuk rotor helikopter. Mesin turboshaft dirancang sedemikian rupa sehingga kecepatan rotor helikopter tidak tergantung pada kecepatan putar generator gas. Hal ini memungkinkan kecepatan rotor harus dijaga konstan bahkan ketika kecepatan generator yang bervariasi untuk memodulasi jumlah listrik yang dihasilkan.
Gambar Ramjets
RamjetsMesin jet yang paling sederhana tidak memiliki bagian yang bergerak. Kecepatan dari "domba jantan" jet atau angkatan udara ke dalam mesin. Ini pada dasarnya adalah mesin turbojet yang berputar telah dihilangkan. Penerapannya dibatasi oleh fakta bahwa rasio kompresi tergantung sepenuhnya pada kecepatan maju. ramjet tidak mengembangkan dorong statis dan dorong sangat sedikit pada umumnya di bawah kecepatan suara. Sebagai akibatnya, kendaraan ramjet memerlukan beberapa bentuk lepas landas dibantu, seperti pesawat lain. Ini telah digunakan terutama dalam sistem dipandu-rudal. Ruang kendaraan menggunakan jenis jet.
PESAWAT JET KOMERSIAL
Pesawat komersial pertama kali diproduksi oleh Inggris, dengan nama "de Havilland Comet", pada tahun 1949. Produksi pesawat komersial pertama ini merupakan rancang ulang sebanyak empat kali perubahan. Rancang ulang ini dilakukan karena mengalami dua peristiwa kecelakaan pada tahun 1945. Hal ini disebabkan karena desain dan bahan logam pesawat. de Havilland Comet sepenuhnya dirancang ulang untuk menghilangkan masalah tersebut.
Pada tahun 1954 Amerika Serikat memproduksi Pesawat Boeing 707, sebagian desain pesawat didasarkan desain pesawat tempur militer, B-52. Kemudian tak lama kemudian, Douglas memproduksi pesawat jet DC-8. Pada tahun 1963, Boeing 727 diproduksi. Pesawat jet komersial yang diproduksi sampai saat banyak mengadopsi teknologi Boeing 727. Pada tahun 1969, Boeing melaunching pesawat Jumbo Jet 747. Pesawat Jet modern umumnya memaksimalkan efesiensi kenyamanan penumpang dan bahan bakar.
PESAWAT JET TERCEPAT
US Air Force SR-71 The Blackbird diakui sebagai pesawat jet berawak yang tercepat di dunia. Pesawat ini terbang dengan kecepatan Mach 3.5 (lebih dari 2.000 mph). X-15 terbang di atas dua kali lebih cepat, tapi dengan tenaga mesin roket, bukan mesin jet. NASA telah menerbangkan pesawat jet tak berawak, X-43A, pada sekitar 7.000 mph. X-43A didukung oleh tenaga scramjet yang tidak akan beroperasi di bawah scraf Mach-3 karena harus memiliki tenaga dorong roket atau rudal "stack" agar mendapatkan kecepatan saat mesin akan mulai beroperasi. Pesawat tempur jet modern umumnya terbang lebih dari 1.000 mph dan hingga sekitar 1.600 mph. Secara umum "The Blackbird" diakui sebagai pesawat jet tercepat.
SSTs (Supersonic Transports)
Penerbangan komersial supersonik digunakan dengan tujuan dari Amerika ke Eropa selama era perang dingin. Pesawat penumpang supersonik, atau "SSTs," dirancang untuk menyediakan angkutan cepat penumpang Interkontinental komersial. Aerospatiale merupakan Konsorsium Perancis-Inggris memproduksi pesawat supersonik jet komersial, yang dikenal sebagai Concorde. Concorde pertama kali terbang pada tahun 1969 dan memasuki penerbangan komersial pada tahun 1976. Kemudian Uni Soviet memproduksi SSTs, dengan nama Tupolev TU-144, yang lebih cepat daripada Concorde dan melaksanakan penerbangan perdananya beberapa bulan sebelum Concorde. Kecelakaan spektakuler pesawat jet terjadi di Paris AirShow pada tahun 1973. Tupolev TU-144 melayani permintaan secara terbatas untuk penerbangan komersial supersonik sekitar 100 penerbangan.
PADA MASA DEPAN
Pelayanan SSTs pada tahun 2010 dihentikan karena masalah kebisingan dan tidak layak secara ekonomi. Sementara perlombaan untuk kecepatan yang lebih tinggi terus berlanjut dengan scramjets tak berawak, tentara militer sekarang merancang untuk "stealth" (diam merayap) dan bermuatan, tidak untuk kecepatan tinggi atau sebagai pesawat pengintai tanpa terdeteksi radar musuh. Pesawat jet sekarang dirancang dengan mengangkut lebih dari 500 penumpang yang memperhatikan efisiensi bahan bakar, kenyamanan penumpang dan jangkauan maksimum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar