Pernahkah Anda nonton balapan
F1? Pasti semua tahu, balapan yang sangat popular ini telah di kenal
oleh seluruh manusia di Dunia, tetapi jarang sekali fakta yang mereka
ketahui tentang balapan F1 ini? Berikut ini adalah fakta tentang mesin
F1 yang jarang Kita ketahui :
- Mobil F1 dapat melaju dari 0 hingga 160 km/jam dan kembali lagi ke 0 hanya dalam waktu 4 detikMesin F1 hanya bertahan untuk balapan selama 2 jam sebelum mesin tersebut meledak, untuk mobil pasaran biasanya dapat bertahan hingga 20 tahun
- Mesin F1 umumnya berputar hingga 18000rpm yang artinya piston bergerak naik turun 300 kali sedetik
- Mobil F1 terdiri dari 80.000 komponen, bila mobil tersebut dirakit dengan akurasi hanya 99,9% mobil masih dapat berjalan tetapi dengan 80 kesalahan perakitan
- Desain aerodinamika dan downforce (gaya tekan ke bawah) mobil F1 sangat penting, bahkan pesawat kecil dapat terbang dengan kecepatan lebih rendah daripada mobil F1
- Tanpa sistem aerodinamika dan downforce yang baik, mobil F1 dapat kehilangan kontrol dan terjadi wheel spin (roda berputar tetapi mobil tetap di tempat) pada kecepatan hanya 160 km/jam padahal umumnya mobil F1 memiliki kecepatan lebih dari 300 km/jam
- Gaya downforce yang dihasilkan sayap depan dan belakang mobil F1 sangat hebat. Saat melaju lebih dari 160 km/jam, mobil F1 dapat menghasilkan gaya tekan ke bawah sama dengan berat mobil tersebut
- Pada balapan jalan raya seperti GP Monaco, downforce mobil F1 memiliki kemampuan untuk mengangkat penutup lubang got. Makanya, penutup lubang got harus dilas terlebih dahulu sebelum pertandingan
- Ban mobil normal dapat bertahan 60.000 - 10.000 km, sedangkan ban balap F1 didesain hanya bertahan untuk 90 - 120 km saja
- Selama balapan, ban balap kehilangan beratnya sekitar 0.5 kg karena aus
- Ban F1 untuk kondisi sirkuit kering mencapai puncak performanya (grip terbaiknya) ketika temperaturnya mencapai 900 - 1200 derajat Celcius. Pada kecepatan maksimalnya, ban F1 berputar 50 kali sedetik
- Udara yang digunakan untuk kebanyakan ban balap adalah Nitrogen karena memiliki tekanan yang lebih konstan dibanding udara biasa. Udara biasa umumnya memiliki uap air yang dapat mengakibatkan tekanan tidak stabil saat temperatur meningkat
- Cakram rem F1 memiliki temperatur operasi sekitar 1000 derajat Celsius sampai mobil sebelum berbelok, cakram tersebut terbuat dari serat karbon yang bersifat lebih keras dan lebih tahan aus dari pada cakram besi baja
- Saat mengerem, perlambatan yang dialami oleh pembalap F1 sama seperti mobil umum mengalami tabrakan dengan tembok pada kecepatan 300 km/jam
- Jika selang air sistem pendingin tiba-tiba meledak, seluruh air sistem pendingin akan habis hanya dalam jangka waktu satu detik
- Mobil F1 memiliki sistem kabel sepanjang satu kilometer, menghubungkan sekitar 100 sensor dan aktuator yang memantau dan mengontrol bagian-bagian mobil
- Sistem pengisian bahan bakar F1 dapat menyuplai 12 liter bahan bakar sedetik, artinya Anda hanya butuh waktu 4 detik untuk mengisi tangki mobil umum dengan kapasitas 50 liter. Sistemnya sama dengan alat yang digunakan oleh pengisian bahan bakar helikopter milter Amerika Serikat
- Kru F1 terlatih dapat mengisi bahan bakar dan mengganti ban hanya dalam waktu 5 detik
- Gearbox mesin F1 hanya digunakan sekali untuk balapan dan diganti secara periodik untuk menghindari kegagalan
- Rata-rata pembalap F1 kehilangan berat badan hingga 4 kg setelah sekali balapan
DIBALIK TOMBOL KEMUDI MOBIL F-1
Kalian semua pasti sudah tidak
asing lagi dengan tampilan dan bentuk dari mobil balap tercepat di
planet kita, yah mobil Formula satu atau dapat disebut juga "Jetdarat".
Merupakan mobil yang berisikan
dengan segudang teknolgi canggih. Sekarang mari ki semua untuk melihat
tampilan dan fungsi dari semua tombol yang ada di balik kemudi Formula
1.
1 Tombol MSG OK
Merupakan tombol multifungsi digunakan untuk menset semua fungsi-fungsi yang terdapat didalam mobil.
2. Tombol Menu scroll buttons
Tombol ini berfungi sebagai tombol untuk memilih menu-menu yang ada didalam mobil.
3. Tombol Differential adjustment
Tombol
ini berfungi untuk mengatur traksi dan grip pada ke empat roda,
mengatur stabilitas pengereman dan juga mengatur sistim pada mobil pada
saat berbelok.
4. Tombol Neutral switch
Tombol ini berfungi untuk mengatur kembali settingan mobil ke posisi normal.
5. Tombol Front wing switch
Tombol untuk mengatur dan menyesuaikan sudut sayap/bumper depan mobil untuk meningkatkan downforce.
6. Tombol Radio LED
Menyala dengan warna biru untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang arahan-arahan dari pit.
7. Tombol Pit-to-car radio
Fungsi nya untuk mematikan dan menghidupkan fungsi komunikasi radio
8. Tombol Fuel mix adjustment
Mengatur campuran bahan bakar, baik untuk memelihara atau meningkatkan performa mesin, sesuai dengan yang diperlukan.
9. Tombol Throttle map override
Mengatur katup mesin dan juga menyesuaikan dengan karakteristik yang sesuai dengan kondisi lintasan.
10. Tombol Overtake button
Mengatur
dan meningkatkan kecepatan mesin dalam sekejap ke posisi maksimal yaitu
18.000 rpm. Kecepatan ini dibutuhkan pada saat pembalap akan menyalip.
11. Tombol Pitlane speed limiter
Mematikkan
dan menghidupkan fungsi tombol pengontrol kecepatan pada saat berada di
pitlane, seperti yang sobat semua ketahui bahwa didalam pitlane
kecepatan mobil harus dikurangi apabila tidak di taati maka akan dikenai
hukuman.
12. Tombol Engine breaking level
Tombol
ini difungsikan pada saat keadaan lintasan basah, yang bermanfaat untuk
meningkatkan stabilitas belakang roda belakang mobil.
13. Tombol Tyre configuration
Tombol
yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengaturan ban dan juga berfungsi
untuk mengaktifkan lampu belakang pada saat keadaan hujan.
14. Tombol Master multifunction switch
Memungkinkan
pengemudi untuk mengakses sejumlah pengaturan sistem mesin mobil,
kendali sayap depan/belakang, kendali "aero" yang berfungsi yang
memantau dan memaksimalkan aliran udara mobil.
Sebagai tambahan, harga untuk satu buah stir / kemudi mobil balap F1 adalah Rp. 368 juta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar