Minggu, 17 Februari 2013

Modul PENGENALAN VISUAL BASIC 2010

Visual basic 2010 merupakan sebuah pengembangan dari program sebelumnya yaitu visual Basic 2008 yang dikeluarkan oleh microsoft melalui program microsoft visual studio 2010.
2.       Bill Gates pada tahun 1991 , kegunaan dari visual basic sendiri adalah membantu para programer untuk membuat dan merancang suatu aplikasi untuk menyelesaikan suatu masalah acak.
3.       Perkembangan Visual Basic
·         Pada tahun 1991 visual basic 1.0 dirilis oleh bill gates melalui perusahaan microsoftnya
·         Pada tahun 1992 tepatnya pada bulan Novembe, Microsoft merilis generasi kedua dari VBA, yaitu Visual basic 2.0, pada seri ini microsoft meningkatkan kinerja dari visual basic pada sisi kecepatan program dan kemudahan dalam membuat program.
·         Produk ke 3 microsoft dalam dunia visual basic adalah VB 3.0 yang dirilis pada tahun 1993 pada seri musim panas, seri ke 3 ini dirilis dengan 2 versi berbeda yaitu versi standart dan profesional.pada seri ini VBA sudah dilengkapi dengan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine dan DAO serta penambahan akses visual dengan kontrol data. Selain aplikasi tersebut juga ditambahkan Kontrol OLE (Object Linking and Embedding)
·         Guna menyambut perkembangan dari windows 3.11 (16 bit) ke dalam Windows 95 (32 bit) Microsoft meluncurkan generasi ke 4 dari visual basic, yaitu VBA 4.0 pada tahun 1995, tepatnya pada bulan agustus 1995. Di VBA versi terbaru ini visual basic sudah dilengkapi dengan Componen Object Model (COM) yang mendukung kemampuan untuk membuat Dynamic-Link Libraries (DLLs) dan pada versi ini lah OOP pertama kali diterapkan pada visual basic.
·         Pada tahun 1997, microsoft merilis seri ke 5 dari visual basic yaitu VBA 5.0 yang sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk membuat user control dengan menggunakan teknologi ActiveX, baik dalam bentuk Active DLL (COM) ataupun ActiveX Control (OCX).
·         Pada tahun 1998, mcrisift memberikan penyegaran terhadap visual basic dengan menambahkan 3 aplikasi/fitur baru yaitu Data Project, DHTML Application, IIS Application. Semua kelebihan ini bisa ditemukan di VBA 6.0
·         Pada tahun 2002, VB 7.0 dirilis Microsoft
·         Menyambut seri sebelumnya, Microsoft meluncurkan Visual basic terbaru dengan menghilangkan kata .NET pada namanya, yaitu Visual Basic 2005. Seri ini dilengkapi beberapa fitur tambahan yaitu penambahan fitur Edit and Continue serta Perbaikan pada Konversi dari VB ke VB NET12Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
·         Pada tahun 2005, microsoft membuat seri lanjutan dari visual Basic 2005, yaitu Visual Basic 2005 Express yang merupakan prosuk dari microsoft visual studio 2005
·         Tahun 2007 adalah tahun kelahiran dari rilis ke 9 dari visual basic, yaitu Basic ORCAS atau yg sering disebut Visual basic 2008. Pada rilis ini microsoft menambahkan beberapa fitur terbaru yaitu True Tenary operator, LINQ Support, Ekspresi Lambda, XML Literals, Nullable types, serta Type Inference.
·         Dan seri terbaru dari Visual Basic adalah Visual basic 2010, atau yang juga disebut VBx. (http://dunovteck.wordpress.com/2012/06/21/sejarah-visual-basic/)
4.       Jenis – jenis bahasa pemograman
  • Bahasa C
Kelebihannya yaitu hanya tersedia sedikit kata kuncinya, ada hampir diseluruh komputer, kode bahasa C sifatnya portable, proses executable program bahasa C lebih cepat, lebih terstruktur.
Kekurangannya yaitu membingungkan pemakai karena banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program.
  • Bahasa C++
Kelebihannya yaitu semua kelebihan dari C dengan tambahan penanganan kompleksitas dengan OOP yang utama.
Kekurangannya yaitu kurangnya library built in, bahasa C++ masih kurang terkenal karena kita dari sisi mesin dibanding memikirkan probis  yang seharusnya menjadi tujuan.
  • Bahasa Java
Kelebihannya yaitu bahasa sederhana,  berorientasi objek, ampuh dan aman.
Kekurangannya yaitu kecepatanya kurang jika dibandingkan dengan bahasa C++, program yang dibuat lebih lambat jika dibandingkan dengan program bahasa lain.
  • Bahasa Visual Basic
Kelebihannya yaitu perintah-perintahnya  sangat komplit, mudah dalam pembuatan program tanpa harus mengetik bahasa program lagi, tetapi cukup mendesign tampilan dengan VB editor.
Kekurangannya yaitu tidak mempunyai database sendiri, tidak mempunyai  pendukung untuk membuat report dari bawaan VB sendiri.
5.       Jenis – jenis Flowchart
SYSTEM FLOWCHART
bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.  Pada flowchart ini, sistem bertugas untuk menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Flowchart system berfungsi untuk menunjukan kerja sistem.
DOCUMENT FLOWCHART
Flowchar jenis ini bertuga untuk menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
SCHEMATIC FLOWCHART
Flowchart jenis ini agak mirip dengan flowchart jenis system. Perbedaannya adalah pada flowchart ini menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. gambar-gambar ini digunakan untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang paham dengan simbol-simbol flowchart. Penggunaan gambar-gambar  ini  memudahkan untuk dipahami, tetapi sulit dan lama menggambarnya.
PROGRAM FLOWCHART
Flowchart program berfungsi untuk menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. flowchart program dibuat dari derivikasi flowchart sistem.
PROCESS FLOWCHART
Flowchart process berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur. Flowchart jenis inilah yang sering digunakan oleh teknik Industri.
6.       Komponen – komponen pada toolbox
1.       pointer , arah penunjuk untuk memilih komponen control yang terpasang di form.
2.       Picture Box, Merupakan tool untuk menampilkan gambar pada visual basic.
3.       Label, tool yang digunakan untuk membuat teks. User tidak bisa mengubah – ubah label.
4.       CheckBox, tool yang digunakan untuk control pilihan dengan ketentuan  control terpilih jika diklik user. Checkbox dapat dipilih 1 atau lebih.
5.       Combo BOX,  untuk pembuatan control kombinasi Textbook dan Listbox.
6.       HScrollBar, merupakan alat yang membuat scrollbar menjadi horizontal.
7.       Timer, Tool untuk pengukuran waktu
8.       DirListBox, untuk menampilkan folder  atau direktori.
9.       OLE, menghubungkan ke form dari software lain
10.   Shape, untuk pembuatan bentuk –bentuk seperti lingkaran, kotak maupun persegi panjang.
(http://bayuzu.blogspot.com)
7.        Sebutkan tipe2 data dan penjelasannya ?
8.       Algoritma adalah suatu kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu permasalahan acak yang diberikan.
(id.wikipedia.org/wiki/Algoritma)
9.    IDE (Integrated Developement Environment) merupakan sebuah “layanan satu pintu” yang bisa digunakan oleh programmer untuk melakukan, desain, coding, debugging, dan kompilasi program dalam sebuah tool yang terintegrasi.Macam – macam jenisnya terdiri dari :
  •   Menu bar, dipakai dalam memilih tugas-tugas tertentu seperti membuka project, yang terdiri dari menu file, edit, view.
  •   Main toolbar, shortcut untuk menu yang sering dipakai pada menu bar.
  •   Project, window berisi struktur tree dari project yang lagi dikerjakan.
  •   Form designer, window untuk merancang user interface dari aplikasi.
  •   Toolbox, window yang berisi komponen-komponen yang digunakan untuk memperkaya user interface.
  •   Code, untuk menuliskan source code dari program.
  •   Properties, untuk melihat / mengedit sifat dari object yang sedang dipilih.
  •   Color palette, untuk mengubah warna dari suatu object.
  •   Form layout, menunjukan tampilan form bersangkutan disaat runtime. 
  • Sumber : http://ti28ieundip12.blogspot.com/2012/11/modul-pengenalan-visual-basic-2010.htmlhttp://ti28ieundip12.blogspot.com/2012/11/modul-pengenalan-visual-basic-2010.html

1 komentar: