Minggu, 17 Februari 2013

Backup database melalui aplikasi PL/SQL DEVELOPER (EXPORT & IMPORT TABLES)

DbClix


PL / SQL Developer adalah Integrated Development Environment yang khusus ditujukan pada pengembangan unit program yang tersimpan untuk Oracle Database. Seiring waktu kita telah melihat logika bisnis yang lebih banyak dan memindahkan aplikasi logika kedalam Server Oracle, sehingga PL / SQL program telah menjadi bagian penting dari proses pembangunan total. PL / SQL Developer berfokus pada kemudahan penggunaan, kualitas kode dan produktivitas serta keuntungan kunci dalam pengembangan aplikasi berbasis DBMS Oracle.

PL/SQL mempunyai banyak fungsi yang dapat digunakan, salah satunya adalah sebagai backup database melalu export-import database. Penggunaan export-import database  dalam PL/SQL merupakan salah satu cara alternatif atau cara lain selain menggunakan Enterprise Manager ata menggunakan script melalui Command Promt.

Export Tables:
Dalam Export Table, pertama yang harus dilakukan adalah menjalankan aplikasi PL/SQL dan Login sebagai SYS atau SYSTEM (memiliki previles seorang DBA) atau dapat pula dengan menggunakan User pemilik database tersebut seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah login berhasil, untuk dapat mengexport tabel, kita harus masuk pada menu tools dan pilih export tables.


Kemudian akan tampil Form/Window untuk memilih table mana saja yang akan di export. 

 
Pada gambar diatas, terdapat menu tab Oracle Export. Menu Oracle Export merupakan menu yang digunakan untuk export tabel dengan format file .dmp atau dengan kata lain sama seperti hasil export melalui Command Promt.
Setelah button export dijalankan, maka akan muncul window command promp yang memperlihatkan proses dari export table tersebut.

Setelah proses export selesai, maka file hasil dari export table tersebut akan terbentuk pada directori yang telah ditentukan.

IMPORT TABLE

Untuk proses import table, langkah-langkah awal sama halnya seperti pada export table tetapi menu yang dipilih merupakan menu Import table.


 Selanjutnya, akan muncul form berikut:


Pada gambar diatas, import table akan dilakukan dari file yang dihasilkan pada export table diatas. Import tabel ini akan dilakukan pada user ABC sehingga nantinya akan mempunyai data tabel yang sama seperti pada user perpus. Setelah pengaturan konfigurasi selesai maka dapat segera di import. Hasil import tabel akan ditampilkan pada gambar dibawah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar