Sabtu, 16 Februari 2013

Bagaimana mesin mobil bekerja

Ok,saya bukan insinyur yg bisa bikin mesin mobil beneran.Apa yang saya tulis adalah informasi yang pernah saya baca-baca di internet.Buat yg masih belum tau atau penasaran gimana sh mesin mobil,yg cuma dikasi bensin itu trs bisa ngebut bahkan sampe 300 km/h.


Bukan sulap,bukan sihir.Itu murni ilmu pengetahuan.





Detail
1.Piston bergerak turun dari atas ke bawah.Menghisap udara masuk dan sangat sedikit bensin (kalo langsung se ember boros ntar mobilnya)
2.Akibat gaya putar yg masih ada,piston balik lagi ke atas.Memaksa udara dan bensin bercampur dan terkompresi.
 3.Kemudian,boom! diledakan oleh percikan api oleh busi untuk membakar udara dan bensin yg terkurung.Menyebabkan piston terpental lagi kebawah dan menyebabkan adanya gaya dorong utama terhadap mobil.Ini yg dinamakan horse power (iya kan?)
4.Ketika piston sudah didasar,yg tertinggal cuma asap sisa dari pembakaran.Kemudian ketika piston kembali lagi keatas,secara otomatis asap sisa tadi terbuang lewat aliran knalpot.



Dan ini adalah gambaran bagaimana mesin membuat roda-roda berputar

Dan itulah bagaimana mesin piston bekerja.Bukan hanya pada mobil,tapi juga sepeda motor,motor kapal,pesawat terbang pake baling-baling.Dan satu lagi,mesin mobil Formula 1 (F1) yg dijuluki "Jet Darat" pun juga mesin tipe piston.

bisa diliat ada berapa piston disana?

Sumber :  http://ayodonkbaby.blogspot.com/2012/02/bagaimana-mesin-mobil-bekerja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar