Sabtu, 16 Februari 2013

Nih, Cara Kerja Mesin Berteknologi VVT-i

Mesin VVT-i
SolusiMobil.com - Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) adalah mesin berteknologi variable valve timing yang dikembangkan oleh Toyota.
VVT-i menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991 di mesin Toyota 4A-GE 5 silinder. Mesin yang sudah dipakai di sebagian besar mobil Toyota ini diklaim membuat mesin semakin efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar.

Namun banyak sebagian orang yang belum mengerti atau mengetahui cara kerja dari mesin ini. Tapi tidak usah khawatir, karena Bang Sobil akan mencoba mengupas bagaimana cara kerja dari mesin ini.

Cara kerja dari mesin ini cukup sederhana, dimana untuk dapat menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur air. Agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi.

Uniknya, sistem VVT-i ini akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara yang disesuaikan dengan pijakan pedal gas.

Teknologi VVT-i merupakan terknologi yang mengatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar (inteks) secara elektronik baik dalam hal waktu maupun ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Demikian informasi singkat mengenai cara kerja dari mesin berteknologi VVT-i. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. [Widi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar